http://www.meebo.com/rooms

Rabu, 13 Mei 2009

Sang Penjaga


Nabi Muhamad saw. berusia delapan tahun ketika datuknya meninggal. Sehingga pakciknya, Abu Thalib, yang kemudian merawat beliau.

Nama Abu Thalib sebenarnya adalah Abdul Manaf. Ibunya bernama Fathimah binti Amru,dan berasal dari bani Makhsum. Abu thalib sering dipanggil dengan Syekh Al Bat-ha.

Nabi muhamad saw. tinggal bersama pakciknya itu. Ia memperlakukan beliau saw. dengan baik. Ia memperhatikan beliau saw. melebihi perhatiannya terhadap anak-anaknya sendiri. Sehingga , Nabi saw. tumbuh dalam lingkungan keluarga yang baik.

Cinta Abu Thalib dari hari ke hari semakin bertambah terhadap keponakannya itu, kerana beliau saw. berlaku baik dan sopan.

Misalnya, pada saat makanan telah tersaji, Anak yatim itu mengambil dengan sopan. Lalu beliau mengucap, "Bismillaah". Ketika selesai, beliau mengucap,"alhamdulilah".

Suatu hari, Abu Thalib tidak melihat keponakannya, Muhamad saw. Sehingga ia menunda makanya dan berkata"Tunggu sampai anakku datang!".

Ketika Nabi muhamad saw datang, Abu Thalib memberinya secangkir yoghurt (susu asam). Nabi muhamad meminum yoghurt di cangkir itu. Baru setelah itu, anak-anak Abu Thalib minum pula satu per satu, hingga semuanya kebagiaan.

Sang paman pun begitu mengagumi nabi. Sehingga ia berkata pada keponakannya itu"Muhamad, engkau adalah seorang yang diberkati".

Tiada ulasan:

Catat Ulasan